Ragam Kesenian Ikut Semarakkan Kirab Budaya di Dukuh Gembleb Pati

PATI- Sejumlah kesenian tradisional memeriahkan kirab budaya di Dukuh Gembleb Desa Kutoharjo Kecamatan Pati Kabupaten Pati, Minggu (25/8/24). Masyarakat sekitar pun berbondong-bondong menyaksikan kirab tersebut.


Kegiatan ini digelar oleh Komunitas Pemuda Pemudi Gembleb (Komppag) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).


Ketua Komppag, Juhari mengatakan, peserta kirab ini adalah pemuda dan warga Dukuh Gembleb. Mereka menampilkan sejumlah kesenian lokal dan liburan lainnya.



"Hari kita ada kirab budaya yang ikuti oleh pemuda dan semua kalangan warga Dukuh Gembleb. Tujuannya untuk nguri-uri budaya Jawi," kata Juhari. 


Lewat kirab budaya ini, pihaknya ingin menunjukkan bahwa warga Dukuh Gembleb sadar akan pentingnya merawat kesenian tradisional. Dengan demikian, kesenian kesenian tradisional bisa terus eksis.

"Kesenian yang kita tonjolkan ada kesenian lokal. Kesenian barongan, drama teatrikal yang pesertanya adalah warga kita sendiri. Kita mau tunjukkan bahwa warga Gembleb punya kesenian," ujarnya.


Ia pun berharap kedepannya kegiatan semacam ini terus berlanjut. Sehingga bisa terus menyemarakkan hari kemerdekaan.



"Harapan kami acara ini menjadi acara rutin biar memupuk rasa kecintaan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa ini," terangnya.


Sementara itu, Kadus Gembleb Sumaji menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi di dukuhnya ini. Menurutnya, dengan adanya kirab budaya ini menjadi bukti bahwa warganya tak lupa akan jasa para pahlawan.


"Dengan semangat mereka, perjuangan mereka ini untuk mengisi kemerdekaan diadakan karnaval. Temanya gotong royong, kekompakan dan saling menjalin rasa persatuan dan kesatuan warga kita di hari kemerdekaan ini. Ditangan pemuda-pemudi lah Indonesia lebih maju untuk Indonesia emas. Termasuk dalam hal kesenian," tuturnya. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ragam Kesenian Ikut Semarakkan Kirab Budaya di Dukuh Gembleb Pati"

Posting Komentar